RSS

Kebakaran Plaza Medan Fair

24 Apr
Kebakaran Plaza Medan Fair

Titik Kebakaran Plaza Medan Fair Sulit Dijangkau

Kebakaran membuat pengunjung dan karyawan Plaza Medan Fair, Sumatra Utara, Selasa (24/4). Hingga pukul 13.00 WIB, petugas pemadam sulit menjangkau sumber kebakaran.

Asap muncul dari lantai bawah tanah sejak pukul 08.00 WIB. Asap kian tebal sehingga Dinas Pemadam Kebakaran menurunkan 10 mobil untuk menangani si jago merah.

Tak ada korban tewas dalam kejadian tersebut. Tapi seorang pria pingsan lantaran terlalu banyak menghirup asap.

Kapolsek Medan Baru mengaku petugas belum menjangkau titik api. Tapi ia menduga kebakaran terjadi di tempat hiburan karaoke yang berada di lantai bawah tanah.

Kejadian itu membuat Jalan Gatot Subroto macet. Pengendara diimbau menggunakan jalur lain. Kemacetan diperparah puluhan warga yang menonton kebakaran di lokasi kejadian

Basement Plaza Medan Fair Terbakar, Seorang Karyawan Pingsan

Medan Basement Plaza Medan Fair di Jalan Gatot Subroto, Medan Petisah, terbakar. Seorang karyawan pingsan dan terluka di bagian tangan.

Si jago merah muncul sekitar pukul 10.00 WIB, Selasa (24/4/2012). Belum diketahui penyebab kebakaran di basement itu.

Berdasarkan pantauan, petugas kesulitan menembus sumber api karena gumpalan asap yang tebal. Sedikitnya delapan unit armada Dinas Pencegah Pemadam Kebakaran (DP2K) Medan tiba di lokasi.

Seorang karyawan Plaza Medan Fair pingsan dan terpaksa dilarikan ke RSU Vina Estetika. Korban berjenis kelamin pria dan mengenakan seragam engineering. Dia sempat dirawat petugas Dinas Kesehatan Medan, namun ketika hendak dirawat lebih lanjut, korban langsung tak sadarkan diri.

“Tangannya luka terjepit pintu. Mungkin kekurangan oksigen, jadi pingsan,” ujar seorang perawat.

medan-fair-2
medan-fair-3
medan-fair-4

Plaza Medan terbakar, Pegawai Matahari Dipulangkan

Medan-Ratusan pekerja Plaza Medan Fair berhamburan keluar karena terjadi kebakaran. Sebagian pekerja memilih bertahan dan ada juga yang memilih pulang.

Pantauan merdeka.com, Selasa (24/4), ratusan orang masih berkerumun di sekitar lokasi. Petugas masih berusaha memadamkan si jago merah.

Ratusan pekerja Toserba Matahari memilih meninggalkan plaza.  Hingga kini, pihak pengelola mal belum memberikan keterangan soal kebakaran tersebut, berikut soal penyebab munculnya api.

Sementara itu, enam mobil pemadam kebakaran sudah berada di lokasi, berjibaku memadamkan api. Dua orang yang diduga karyawan pingsan

Api di Plaza Medan Fair dari Karaoke Jetplane

Kebakaran, Plaza Medan Fair Tutup

kibat kebakaran ini pihak Plaza Medan Fair menutup akses pengunjung yang masuk dengan membatasi dengan pagar kawat.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Tribun, kebakaran terjadi di tempat karoeke Jet Plane. Saat ini petugas kebakaran masih melakukan upaya pemadaman dengan membobol dinding, menggunakan blower membuang asap yang masih berkutat di dalam ruangan.

“Kami saat ini melakukan pendinginan, tidak ada korban jiwa,” ujar petugas Dinas Pencegah Pemadam Kebakaran Gema Milala kepada tribun di lokasi kebakaran, Selasa (24/4/2012).


Petugas Pemadam Berupaya Padamkan Api

Dinas Pencegah Pemadam Kebakaran (DP2k)  mengaku mengunakan blower dalam memadamkan api kebakaran yang terjadi di Jetplane atau tempat karoke, Plaza Medan Fair Medan, Selasa (24/3).

Penggunaan blower dalam rangka mengurangi kepulan asap yang diruangan. “Kita sulit padamkan apinya karena ruangan berliku-liku, selain itu asap disini juga tajam,” ucap petugas pemadam  M.Yamin Ritonga  saat melakukan pemadaman.

Hingga saat ini api kecil masih berusaha dipadamkan oleh DP2K, kesulitan lainnya yang membuat DP2K hingga pukul 11.45 belum bisa memadamkan api dikarenakan sistem pembuang asap dari Plaza Medan Fair yang kurang.

Enam pemadam kebakaran telah diturunkan dalam kejadian ini. Sementara aktivitas di dalam Plaza masih belum terganggu. Berdasarkan pantauan Medan Magazine dilapangan, hanya sebagian pengunjung saja yang keluar dari Plaza.

Sementara tempat parkir Plaza Medan Fair untuk saat ini masih ditutup.

 
Comments Off on Kebakaran Plaza Medan Fair

Posted by on April 24, 2012 in News

 

Comments are closed.

 
%d bloggers like this: