Waw, Mobil Murah Cina Cuma 13 Juta

Jakarta – Pabrikan mobil asal China, Geely siap membuat mobil murah sejagat dan menyebar ancaman untuk pesaingnya. Mobil anyar mereka Intelligent Geely (IG) yang sebelumnya tampil di ajang otomotif bergengsi Beijing Auto Show siap diproduksi pada 2012 dan dipasarkan 2013 mendatang.
Mobil ini begitu memikat, apalagi target harga mobil ini juga sangat murah yakni hanya sebesar 10.000 RMB atau sekitar Rp 13 jutaan saja. Bila dilihat dari harganya, IG hampir sama dengan harga sebuah motor di Indonesia.


Dan ternyata PT Geely Mobil Indonesia (GMI) pun tidak menutup kemungkinan akan mendatangkan mobil ini ke Indonesia.
“IG siap dipasarkan 2013 nanti dengan harga 10.000 yuan. Bisa saja kita masukan juga kesini,” ujar Presiden Direktur PT Geely Mobil Indonesia (GMI) A Budi Pramono kepada detikOto.
Bila niatan GMI ini benar terlaksana, IG tentu menjadi pilihan menarik bagi mereka yang ingin beralih dari motor ke mobil. Sebab selain harganya tidak jauh beda dengan motor, mobil ini pun akan mematahkan predikat mobil termurah sejagat yang selama ini dipegang oleh Tata Nano yang saat ini sudah naik harga menjadi antara US 2.800-3.800 (Rp 26-35,2 juta).
Konsep IG sendiri tampil mengesankan di ajang Beijing Auto Show lalu dengan desain dan teknologi terkini. Pada model konsepnya, IG mengaplikasi pintu model sayap camar alias gullwing dengan lekuk tubuh yang futuristik. Sementara untuk dapur pacunya, Geely IG konsep tersebut sudah mengaplikasi teknologi hibrid dengan memadukan sebuah mesin konvensional berkapasitas 998 cc dan sebuah motor listrik.
Dengan perpaduan dua kekuatan itu, Geely IG mampu melaju hingga ke kecepatan 150 km/jam. Kemampuan tersebut didapatnya berkat sumbangan tenaga dari mesin konvensional yang mampu mengeluarkan tenaga hingga 52 kW pada 6.000 RPM dengan torsi mencapai 93 Nm pada 3.400-3.800 RPM. Sementara motor listrik yang digerakan oleh Iron Phosphate lithium-nya mampu menyemburkan tenaga hingga 60 kW pada putaran mesin 6.000 RPM dengan torsi mencapai 180 Nm pada 6.000 RPM.

Di Indonesia 25 Juta-an
Jakarta – Selama ini baru pabrikan Jepang yang semangat untuk mengikuti program mobil murah pemerintah, namun kini pabrikan mobil asal China, Geely pun tertarik. Wajar saja, karena mereka memiliki sebuah mobil konsep berharga hanya Rp 13 jutaan saja.
Apalagi pemerintah menargetkan harga mobil murah yang akan dibantu sekitar Rp 75 jutaan. Harga itu tentu masih jauh lebih tinggi dari harga mobil Intelligent Geely (IG) yang rencananya akan dijual dengan harga 10.000 RMB atau sekitar Rp 13 jutaan saja.
Hal tersebut diungkapkan Presiden Direktur PT Geely Mobil Indonesia (GMI) A Budi Pramono kepada detikOto. “Kami sangat tertarik dengan program itu, tapi masalahnya kan kebijakan pemerintah itu belum jelas detailnya. Kalau sudah jelas, kami pasti akan ikut gabung,” ujarnya.

Lebih lanjut, Budi pun menjelaskan bahwa IG bisa sangat bersaing dengan kompetitor mereka, terlebih dengan harga dasar Rp 13 jutaan, kemungkinan dengan kondisi perpajakan seperti sekarang ini, harga IG di Indonesia masih bisa sekitar Rp 25 jutaan saja. “Kami hanya kalah nama dengan merek Jepang, tapi kalau urusan itu, kita bisa bersaing. Apalagi dengan harga dasar segitu,” tandas Budi.

Dengan harga serendah itu pun, Geely terbilang masih bebas berimprovisasi terhadap produknya ini. “Bila pun harganya mau dinaikan sedikit agar IG dapat semua fitur full spek terkini, tetap saja harga mobil ini masih terjangkau,” pungkasnya.

“Tapi di versi produksinya kemungkinan IG akan dibuat dengan mesin bensin berkapasitas 800-900 cc, bisa juga kita minta mesin yang lebih besar,” pungkas Direktur PT Geely Mobil Indonesia Richard Yang.

About these ads

159 thoughts on “Waw, Mobil Murah Cina Cuma 13 Juta

  1. Wah bnr2 kagum ama org china, bisa ciptain mobil smurah itu…. Kpn ya msuk k’indonesia? Udh ngk sbar pngen bli….. Bnr ngk hrgnya sgtu?

  2. Klau smpe terjadi mbl msuk indonesia bgaimana dngn motor ya???? Trus jalan nan pasti slau macet cet cet

  3. Waduh harga nya jgn sampe naik terlalu tinggi dong .konsep awalnya jd hilang kalo begitu…(Mobil murah) .yg sewajarnya saja ,jgn terlalu komersil ,nanti kalo udh booming baru lah…

  4. Sebuah terobosan yg fantastis utk menghasilkan mahakarya yg luar biasa. Hanya sempat berpikir, pasti membawa dampak kemacetan utk Jakarta yg bisa lbh mengerikan.
    Saya pikir dgn tingkat harganya + dukungan after sales + service yg memadai, bisa dipastikan Jadi New Market Leader di Industri Otomotif Indonesia.
    Saya tunggu kehadirannya. Salam Innovator!

  5. Semoga sj ni mobil mmg hrgx segitu dan cpt dtg ke indonesia.pintux bgus.tp klo parkiranx sempit dan rame susah jg ya,ƪ(“˘ _˘ “)Ʃ hmm…
    Add pin  ‎​ aq donk pin:30cccece mksih

  6. Ckckckkk nambah ruwet ϑαπ kacau kondisi kemacetan jalan di kota” besar Indonesia aja dehh..!!
    Pemerintah kita cuma mikir bakalan penerimaan negara.
    Dgn adanya kendaraan bisa dikredit aja macet banget… malah ditambah lagi masukin mobil murah..!
    mungkin ini prinsipnya pemerintah: ‘Ayo ayooo…murah murah…kredit kredit…biar nambah penrimaan….macet dijalan..?salah sendiri…!’

  7. Kalau masuk ke indonesia jgn di pasarkan di jakarta,ntar makin macet ajah kota nya!!! Mending pasarin di kota besar lain ajah seperti medan gitu !!! Hehehehe kalau bs pesan skrg aku byrin 2x lipat deh yg penting di indonesia gue duluan yg punya

  8. macet???jalanan kecil n sempit, satu ruas jalan dilalui truk, bus, mobil, angkot, becak, motor, sepeda dll gimana ga macet, pemerintah harusnya mengatasi masalah ini dari dulu.tp mana ??padahal tiap provinsi punya pemimpin daerahnya masing2…yg ada hanya memikirkan kepentingan sendiri.
    btw…bravo buat pemerintah cina atas inovasinya…semangat!!!

  9. Emang menarik sih klo Α̲̅ϑα̲̅α̲̅ mbl dngn harga murah tp klo d datangkan k indonesia apa ga bikin macet jakarta tambah parah

  10. smoga bener harganya segitu biar kami sekeluarga yg biasa kehujanan kepanasan bisa kebeli dengan jual motor butut sbg dp.

  11. Hm..menggiurkan , jd pingin punya mobil. Tp mutunya gmn ya? Soalnya 10 thn lalu jg sepeda motor China pernah menggebrak pasar Indonesia dengan harga murah sampe setengah dari harga pasar, tp sekarang sangat sepi peminat, ya krn kualitasnya yg memang tdk bisa bersaing, jangan2 mobil China juga nasibnya sama. Jgn harga murah tp kualitasnya murahan

  12. Segera dilaksanakan dan diluncurkan agaar masyarakat indonesia bisa menikmati mobil murah..
    Tp diusahakan interior,kursi dibuat menarik..

  13. tidak mungkin ..tidak mungkin….tidakmungkin….kenapa tidak mungkin???????? tidak mungkin terjadi mobil itu bisa masuk indo itu tidak mungkin, mana mukngkin pejabatnay ga ada masukan mau mau di kasi masuk

  14. Kalo bs pintunya pintu geser ∂Ɔ∂,jd klo parkirnya sempit msh bs kluar. Agar cpt msk indonesia ∂Ɔ∂ …salut…

Comments are closed.