RSS

FOTO LENGKAP Kebakaran di Gang Bakung (Sofyan Tan Kunjungi Korban Kebakaran)

07 Feb
FOTO LENGKAP Kebakaran di Gang Bakung (Sofyan Tan Kunjungi Korban Kebakaran)

PEMESANAN SILIKON ROTI Dapat melalui via YM : ck_scorpions@yahoo.co.id

Mohon bantuan Anda
Bagi yang ingin berpartisipasi dalam meringankan korban kebakaran
Ke rekening danamon 003512884499
Bantuan Anda sangat bearti…
Indahnya saling membantu…

Kedatangan Sofyan Tan didampingi Ketua Yayasan Perguruan Sultan Iskandar Muda (YP SIM), Fince, SE, MPSi, pengurus lions club. Sejumlah korban kebakaran yang melihat Sofyan Tan datang langsung menyalami mereka bahkan ada yang menangis sambil memeluk dr Sofyan Tan. “Tidak ada yang bisa kami selamatkan pak Sofyan. Semua ludes,”ucap Tai Wen Yong (70) yang duduk lesuh di depan rumahnya yang ludes dilalap sijago merah.

Mendengar keluhan tersebut, Sofyan Tan menyapa pria tua tersebut dan memberikan motivasi agar tetap tabah dan pihaknya akan datang kembali untuk memberikan bantuan.

Peninjauan dilanjutkan, saat itu Sofyan Tan menemui seorang ibu paruh baya yang menatapi puing-puing rumahnya. Sedangkan suaminya terlihat bersedih menatapi mesin peralatan bengkelnya yang hangus terbakar.

Saat didatangi kedua pun berceritakan bagaimana usaha bengkel mereka yang tak lagi bisa diselamatkan. Kunjungan selanjutnya menyusuri jalan becek dan korban kebakaran di Posko yang menjadi tempat istrarahat bagi korban. Sofyan Tan disambut di sana Sofyan bercerita agar korban bersabar karena pasti bantuan akan datang.

Saat hendak pulang, dua orangtua satu di antaranya Tai Bun An/Lek Mantang memeluk Sofyan Tan. Dia menangis sehingga membuat Sofyan Tan hibah dan langsung dipeluk. Sofyan pun berkali-kali meminta agar jangan bersedih.

Data Harus Lengkap

Usai meninjau, kepada wartawan, Sofyan Tan mengatakan langkah pertama yang harus dilakukan harus mendata dengan konkrit, jumlah korban, rumah dan KK, jumlah anak-anak, termasuk bayi dan orangtua. Dengan data lengkap, katanya menjadi jelas pemetaannya bagaimana upaya donatur memberikan bantuan.

Untuk tahap awal, katanya harus dibuat dapur umum dan klinik yang diharapkan dari Rotary Club dan Lions Club.

Sofyan Tan mengaku bantuan tahap awal yang diberikan menyerahkan 30 karung beras, mi instan, 400 baju dan tikar untuk masyarakat.

Selanjutnya, berdasarkan data yang lengkap bantuan bisa diberikan berupa susu bayu, dan peralatan sekolah seperti buku bagi anak-anak korban kebakaran. “Setelahy ada data bantuan lain seperti seng, batu bata, broti bisa diberikan dan dengan cara gotong royong yang dimiliki sifat bangsa Indonesia sesuatu yang besar bisa bisa diselesaikan seperti di Sukaraja,”katanya.

Aksi Penggalangan

Sofyan Tan mengimbau kepada masyarakat lain dan etnis Tionghoa yang malam merayakan Cap Goh Meh agar dalam perayaannya diwarnai dengan aksi penggalangan dana untuk membantu korban kebakaran. “Saya berharap bertepatan dengan acara Cap Goh Meh. Kita minta agar perayaan yang digelar harus diiringi dengan aksi penggalangan dana untuk membantu para korban. Jika perlu berbagai hadiah bisa diuangkan untuk disumbangkan,”katanya disambut aplaus korban kebakaran.

Selain itu, dia minta agar Pemko Medan tidak mempersulit izin bangunan kepada korban. “Saya berharap agar proses pembangunan nantinya Pemko Medan tidak memungut biaya bangunan maupun biaya pajak dan lainnya,”imbau Sofyan Tan.

Setelah itu, pihaknya bersama Lions Club akan memberikan bantuan berupa pasir, semen dan alat bangunan lainnya.

Menumpang Di rumah Keluarga

Sementara sejumlah korban kebakaran mengaku setelah rumah mereka terbakar mereka memilih akan menginap di rumah keluarga dekat, sedangkan pihak laki-laki remaja dan orangtua akan berjaga-jaga untuk menghindari adanya tamu-tamu tak diundang mengambil kesempatan.

“Kita sebagian berjaga-jaga sebagian lainnya ibu-ibu, remaja putri dan anak-anak akan tidur di rumah keluarga,”kata Liani saat ditemui di Posko sementara di lokasi kebakarna.

Hal senada juga diakui Tan Bun An/Lek Mantan. Menurutnya, pihaknya sesama korban kebakaran bergotong royong dengan berjaga-jaga dari pihak-pihak yang ingin mengambil keuntungan.

Dia juga meminta kepada pemerintah untuk memberikan bantuan khususnya peralatan bangunan sehingga mereka bisa membangun kembali rumah yang telah ludes dilalap si jago merah

 
Comments Off on FOTO LENGKAP Kebakaran di Gang Bakung (Sofyan Tan Kunjungi Korban Kebakaran)

Posted by on February 7, 2012 in News

 

Comments are closed.

 
%d bloggers like this: