17 Patung Buddha Terbesar dan Terkenal di Dunia

1. Borobudur Buddha Statue, Indonesia

Patung-patung Buddha di Borobudur adalah mahakarya dari para seniman kuno Indonesia. Semua patung Buddha di sini berada dalam posisi duduk tetapi dengan sikap tangan yang berbeda. Dari awalnya terdapat 504 patung Buddha, 300 di antaranya rusak dan 43 hilang. Sejak penemuan kembali candi ini, sudah banyak kolektor gelap yang mencuri kepala patung Buddha.

2. Hussain Sagar Buddha Statue, India

Patung Buddha ini terletak di tengah-tengah sebuah danau buatan di kota Hyderabad, India. Patung ini berdiri setinggi 17 meter dan seberat 320 ton. Ini merupakan patung monolitik terbesar di India, yang dipahat oleh para seniman hanya dari sebongkah batu besar. Tragisnya, pada saat pemasangan patung Buddha pada tahun 1992, patung ini jatuh ke dalam danau dan menyebabkan kematian 8 orang pekerja. Pemerintah kemudian memperbaiki patung dan sekarang menjadi salah satu daya tarik wisatawan di kota Hyderabad.

3. Tian Tan Buddha Statue, Hong Kong

Buddha Tian Tan terletak di Pulau Lantau, Hong Kong. Terbuat dari perunggu dan selesai tahun 1993. Patung ini merupakan daya tarik utama dari Vihara Po Lin, yang mensimbolkan harmonisasi antara manusia, alam, masyarakat dan agama. Patung ini dinamakan Tian Tan karena bagian bawahnya merupakan replika dari Kuil Tian Tan (Kuil Surga) di Beijing. Patung dengan sikap duduk ini memiliki tinggi 34 meter dan mengambil postur yang melambangkan ketenangan.

4. Monywa Buddha, Myanmar

Monywa adalah sebuah kota di tengah Myanmar yang terletak di pinggiran Sungai Chindwin. Di sini anda dapat melihat Monywa Buddha, patung Buddha berbaring terbesar di dunia. Patung ini memiliki total panjang 90 meter. Kepala patung ini memiliki tinggi 60 kaki. Patung Buddha Monywa ini dibuat tahun 1991 dan berlubang didalamnya, sehingga pengunjung bisa masuk ke dalam.

5. Ayutthaya Buddha Head, Thailand

Kota Ayutthaya di Thailand memiliki salah satu patung Buddha yang tidak biasa di dunia. Di antara reruntuhan Wat Mahathat (Vihara Relik Agung) terdapat sebuah patung yang seluruh badannya telah lenyap oleh waktu dan hanya tersisa kepalanya saja di antara belitan pepohonan. Ini adalah salah satu patung yang sangat indah yang tercipta oleh berlalunya waktu.

6. Gal Viharaya, Srilangka

Terletak di Sri Lanka, Polonnaruwa merupakan situs salah satu patung Buddha yang paling terkenal di dunia. Vihara batu ini dibuat oleh Parakramabahu Agung di abad 12 Masehi. Di tengah-tengah vihara terdapat 4 patung Buddha berukuran besar. Di antara ke-4 patung Buddha ini adalah sebuah patung Buddha berbaring sepanjang 14 meter dan sebuah patung Buddha berdiri setinggi 7 meter.

7. Ushiku Daibutsu, Jepang

Ushiku Daibutsu terletak di kota Ushiku, Jepang. Selesai tahun 1995, patung ini merupakan salah satu patung tertinggi di dunia, bediri setinggi 120 meter termasuk 10 meter pondasi dan 10 meter platform berbentuk teratai.

8. Temple of the Reclining Buddha, Thailand

Terletak di Bangkok, Wat Pho terkenal dengan patung Buddha berbaringnya yang besar. Vihara ini merupakan salah satu vihara terbesar dan tertua di Bangkok, dibangun sekitar 200 tahun setelah Bangkok menjadi ibukota Thailand.

9. Great Buddha of Kamakura, Jepang

Buddha Agung Kamakura atau dalam bahasa Jepang biasa disebut Daibutsu Kamakura, merupakan sebuah patung perunggu monumental dari Amida Buddha (Buddha Amitabha) di kota Kamakura, Jepang. Patung ini berdiri dengan damai di atas tanah Kotokuin yang merupakan sebuah kuil buddhis aliran Tanah Suci, dan patung Buddha ini menjadi salah satu ikon penting dalam pariwisata dan kehidupan sosial masyarakat Jepang.

10. Temple of the Emerald Buddha, Thailand

Vihara terkenal lain di Bangkok adalah Wat Phra Kaew, Vihara Buddha Zamrud. Di dalam vihara ini terdapat patung Buddha Zamrud, salah satu patung Buddha tertua dan paling terkenal di dunia. Menurut legenda, patung ini dibuat di India sekitar 43 SM di kota Pataliputra dan berada di sana selama 300 tahun. Pada abad ke-4 M, patung ini dibawa ke Sri Lanka oleh para biksu buddhis untuk menyelamatkannya dari peperangan yang terjadi. Kemudian patung ini dibawa ke Thailand dan dipindahkan ke Wat Phra Kaew di tahun 1779.

11. Leshan Giant Buddha, China

Patung Buddha raksasa Leshan adalah sebuah mahakarya umat manusia. Patung Buddha ini dipahat di sebuah lembah yang langsung menghadap ke laut di Sichuan, bagian barat Cina. Mulai dibuat selama Dinasti Tang tahun 713, patung ini baru selesai tahun 803 (90 tahun) dan melibatkan usaha dari ribuan seniman dan pemahat. Sebagai salah satu patung terbesar di dunia, patung ini juga disebut-sebut dalam puisi, lagu dan cerita.

Sebelum patung Buddha Bamiyan ditemukan, patung Buddha Giant di Kota Leshan, Sichuan, China merupakan patung terbesar dan tertinggi di dunia. Bahkan dijadikan sebagai salah satu situs warisan dunia oleh lembaga dunia UNESCO pada tahun 1996.

Patung Giant Buddha dibuat di area Gunung Emei yang telah diukir menyerupai sebuah patung Budha pada masa Dinasti Tang (618-907). Di bagian kaki gunung itu terdapat Sungai Qingyi yang mengalir cukup pelan.

12. Buddha Bamiyan, Afghanistan

Patung Budha ini adalah bangunan peninggalan umat Budha di Lembah Bamiyan, Afghanistan yang terdiri dari dua patung besar Budha. Diperkirakan patung-patung itu merupakan yang terbesar dan tertinggi di dunia.

Dahulu patung Budha Bamiyan dijadikan sebagai salah satu museum di sana dan didesain dengan perpaduan gaya antara seni Yunani ditambah Budha sendiri. Namun akibat rezim pemerintahan keras Taliban, patung-patung itu dirusak dan saat ini yang tersisa hanyalah gua-gua untuk para biksu dan beberapa sketsa lainnya.

13. Buddha Maitreya, China

Bangunan Patung Budha Maitreya dibuat di banyak negara. Mulai dari Korea, India, Jepang, Taiwan dan juga China. Bagi setiap pengunjung yang memilih datang ke China, maka ukiran patung Budha Maitreya bisa ditemukan di pegunungan batu Hangzhou China.

Menurut ajaran kitab suci Budha, Maitreya adalah penerus sejarah pendiri agama Budha Buddha Sakyamuni. Sedangkan berdasarkan dari literatur kanonik yang ditemukan dari semua ajaran sekte Budha, seperti Theravada, Mahayana dan Vajrayana, arti Maitreya adalah pernyataan tentang suatu peristiwa yang akan terjadi ketika Dharma akan dilupakan ke dalam Bumi.

14. Mahaparinirvana Stupa, Kushinagar, India

Kushinagar yang terdapat di Uttar Pradesh, India, ini merupakan tempat peristirahatan Sang Budha. Tempat ini merupakan salah satu situs ziarah penting bagi umat Budha.

Dua tempat yang paling sering dikunjungi di Kushinagar adalah Mahaparinirvana Stupa, yang dibangun di tempat Budha meninggal, dan tempat jenazah Budha dikremasikan. Jarak kedua tempat itu adalah 1,6 km. Dekat dengan Mahaparinirvana Stupa terletak patung Budha yang berusia 1500 tahun ketika mencapai Parinirvana.

Meski sudah terdapat stupa Mahaparinirvana dan patung Budha Parinirvana , di sana rencananya juga akan dibuat patung Budha lainnya yang bernama Maitreya. Patung Maitreya akan dibuat dari bahan perunggu setinggi 152 meter atau lebih tepatnya 500 kaki.

15. Chalong Big Budha, Thailand

Bagi pengunjung yang datang ke wilayah selatan Phuket, Thailand, maka akan menemukan patung Budha besar yang bernama Chalong Big Budha. Di samping patung setinggi 45 meter ini terdapat simbol gambar yang terbuat dari bahan kuningan. Biaya untuk membuat patung Budha Chalong memakan biaya sekitar 30 juta baht atau setara dengan Rp8,4 miliar.

Selama di area ini, para pengunjung juga bisa menyaksikan keindahan Kota Phuket dari ketinggian bukit Chalong.

16. Daibutsu Todai-ji, Jepang

Di negari yang sebagian besar warganya beragama Shinto ini, ternyata juga ada patung besar Budha yang bernama Daibutsu Todai-ji. Patung ini dibuat di kuil Budha di Kota Nara, Jepang.

Kuil utama sekte Kegon ini didirikan pada abad ke-8 oleh Kaisar Shomu dan dibantu oleh seorang biksu yang bernama Roben.

Bangunan ini diperkirakan memiliki tinggi 100 meter dengan kelengkapan 7 tingkat pagoda di sebelah barat dan timur Daibutsu Todai-ji (Konkōmyo shitenno gokuku no tera). Di area ini juga terdapat aula Daibutsu yang bernama Daibutsuden.

17. Bodhgaya, India

Patung sekarang menjadi simbol tempat suci Bodhgaya, sebelah Mahabohdi Candi yang merupakan situs Warisan Dunia, dan menikmati kunjungan konstan peziarah dari seluruh dunia. Di antara orang lokal, dijuluki “80-kaki (25 meter) Patung Buddha.”

Di bawah slogan “Spread sinar Buddha ke Seluruh Dunia,” Daijokyo menghabiskan tujuh tahun pada pembangunan Patung Buddha Agung, mobilisasi total 120.000 tukang batu.

Daya dorong terbesar untuk proyek raksasa ini adalah murni hati orang, yang ingin untuk perluasan lebih lanjut dari Buddhisme dari tempat kudus Bodhgaya, serta untuk mewujudkan perdamaian dunia.